Plt Bupati Pemalang Monitoring Pengaspalan Jalan Supaya Perbaikan Jalan Dipercepat

 


Pemalang  - Jawa Tengah--

 Setelah melakukan monitoring dan evaluasi  beberapa lokasi perbaikan ruas jalan di Desa Tasikrejo,  Sukorejo,  Purwosari dan Desa Karangtalok, Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat meminta  kepada pelaksana proyek agar pengerjaannya dipercepat. Permintaan tersebut disampaikannya usai melihat beberapa kondisi jalan yang ada  Kecamatan, Ulujami, Comal dan Ampelgading Rabu (14/9/2023). 


"Poinnya adalah percepatan, intinya pengerjaannya dipercepat karena ada beberapa paket 1 yaitu 100 persen sudah, paket 2 yaitu 54 persen dan yang lainnya masih 2 koma sekian persen," ujar Mansur.


Mansur mengatakan, perlu ada schedule yang tepat karena waktu yang terbatas sedangkan masih banyak pekerjaan jalan yang belum selesai yakni, pekerjaan kelas A, hotmix dan saluran-saluran.


Mansur menjelaskan cara agar pengerjaannya bisa terselesaikan yaitu mengerjakan kelas A dikerjakan terlebih dahulu.


"Misal, ada 1 perusahaan bersedia mengerjakan beberapa paket, paket mana dulu yang dikerjakan misalkan paket A dikerjakan selesai setelah selesai baru nanti aspalnya masuk. Begitu juga nanti dilanjutkan seperti itu sehingga nanti timeline dari pekerjaan tidak melewati batas," kata Mansur.


Terkait jalan yang berlubang, Mansur menjelaskan agar segera ditangani untuk drainasenya agar hasil 0pengerjaannya berjalan dengan baik.


"Nanti kasihan jalannya, sudah dikerjakan, tetapi hasilnya tidak maksimal," tuturnya.


Menurut Mansur, jalan hotmix paling takut dengan air, kalau airnya banyak pasti rusak.   Pada saat peninjauan Ia melihat pondasinya masih goyang sehingga perlu  ada perbaikan pondasi biar airnya lebih lancar.


Kondisi jalan yang sedang dikerjakan menurut Mansur mutu hotmixnya bagus, akan tetapi perlu diperhatikan pengerjaan pondasinya harus kuat jangan sampai goyang. Dan pada saat mau mengaspal, jelas Dia,  dilakukan provoling untuk mengetahui pondasi jalan itu goyang atau tidak.


Diketahui, ruas jalan yang telah diperbaiki yaitu, ruas jalan Tasikrejo-Ulujami mulai pengerjaan tanggal 19/7/2022 sampai tanggal 15/11/2022 dengan jarak panjang 2,90 km, Comal-Bodeh mulai pengerjaan tanggal 15/7/2022 sampai tanggal 11/11/2022 dengan jarak panjang 4,475 km. 


Penulis : Ragus T.u , Arni Agustina dan Fajar

Subscribe to receive free email updates: